HEADLINE

RAPIMNAS 2023 SP KEK SPSI RESMI DIHELAT.

Hj.Ike Masita Tunas Siap Unjuk Gigi Dengan Gagasan Strategis Menjawab Isu Ketenagakerjaan di Maluku utara.

 

PIKIRAN UMMAT.Com-Jakarta||Agenda Rapat Pimpinan Nasional (RAPIMNAS) 2923 SP KEP SPSI seara resmi di gelar.Dimulainya RAPIMNAS SP KEP SPSI ini ditandai dengan open ceremony atau pembukaan yang digelar di lt 10, Hotel Grand Tjokro Jakarta Barat, Jakarta, (12-9/2023).

RAPIMNAS dibuka secara resmi oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transimigrasi yang diwakili Bapak Firdaus Rohimat, Kasubdit Ketenagakerjaan Kemenakertrans RI.

Sejumlah pejabat tinggi antara lain yang mewakili Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Bapak Firdaus Rohimat, Presiden SPSI Andi Gani, Mewakili Ketua KADIN oleh Bapak Subhan Gatot, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta, Pimpinan PT.Freport dan segenap pengurus pusat SP KEP SPSI serta peserta RAPIMNAS dari seluruh pengurus Daerah, Pimpinan Pengurus cabang dan Pimpinan Unit Kerja seluruh Indonesia menghadiri acara pembukaan yang berlangsung meriah itu.

Ketua PD.SP KEP SPSI Provinsi Maluku utara Hj.Ike Masita Tunas menyatakan telah menyiapkan isu-isu strategis daerah untuk dibahas di forum RAPIMNAS SP KEK SPSI.

Pantauan media ini langsung di lokasi acara, aula tempat berlangsung nya acara dipenuhi peserta dan tamu undangan.Dua televisi layar besar terpasang di samping kiri dan kanan panggung utama.

Ketua Pengurus Pusat SP KEP SPSI R.Abdullah dalam sambutanya menyampaikan, penyelenggaraan RAPIMNAS sebagai amanat Munas SP KEP SPSI ke VIII dalam rangka merespons perkembangan global dan pendemi covid 19 yang ikut mempengaruhi berbagai sendi kehidupan baik politik, ekonomi, sosial termasuk dunia ketenagakerjaan.

Orang nomor satu di organisasi SP KEP SPSI ini menyatakan, berbagai berkembangan tersebut menjadikan tantangan yang dihadapi SP KEP SPSI semakin berat.Namun demikian, R.Abdullah menandaskan, tantangan yang dihadapi tidak sampai menjadikan SP KEP SPSI menjadi korban perubahan tetapi sebaliknya harus tetap menjadi pelaku perubahan.

”RAPIMNAS sebagai respons atas perkembangan nasional dan global yang kian dinamis yang menghadirkan tantangan bagi dunia ketenagakerjaan yang sangat berat”ujar nya.

Sementara Hj.Ike Masita Tunas kepada media ini disela-sela acara pembukaan menyampaikan beberapa isu ketenagakerjaan daerah yang akan dia shering Bersam peserta RAPIMNAS adalah persoalan tenaga kerjaa lokal yang masih lemah posisi tawarnya dalam dunia kerja pertambangan.

Sosok perempuan energik yang juga politisi ini menilai, keberpihakan terhadap tenaga kerja lokal masih lemah sehingga pihaknya bakal mendorong isu ini lebih kuat lagi sekembalinya dari RAPIMNAS.Isu lain yang menjadi perhatian di RAPIMNAS adalah soal perlindungan tenaga kerja yang lemah yang ditandai dengan kecelakaan kerja yang masih terjadi dan menimbulkan korban dipihak pekerja itu

”Soal ini menjadi konsen saya nanti”tegas caleg DPRD Provinsi dapil III dari partai Gerindra ini.

Sebelumnya, Mengawali sesi acara sambutan-sambutan, Ketua panitia RAPIMNAS Mustopo Dalam  laporan nya menyatakan bahwa RAPIMNAS dilaksanakan untuk merespons perkembangan yang dinamis sehingga menuntut perbaikan program-program organisasi yang telah diterapkan sebelumnya  agar mampu menjawab tuntutan ketenagakerjaan ke depan.

”Ketika pandemi anggota kita tidak sedikit yang di PHK, ini salah satu yang menjadi perhatian untuk Kita bahas dalam RAPIMNAS ini”ujar nya.

Sementara Subhan Rohmat dari KADIN menyatakan pentingnya membangun Komonikasi dalam hubungan industrial antara organisasi pekerja dengan perusahan dan organisasi pengusaha sehingga sama-sama mampu merespons secara bijak terhadap perkembangan yang dihadapi.

Acara pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Ketua PP SP KEP SPSI R.Abdullah dilanjutkan dengan pembacaan panca prasetia dilanjutkan dengan menyanyikan Mars SP KEP SPSI.(***)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *