HEADLINE

Harmoni Sosial Kota Ternate, Nilai Plus Kepemimpinan MTS.

Publik Menilai,Dimasa Kepemimpinan Walikota Dr.M.Tauhid Soleman, M.Si., Tidak Ada Kekuatan Sosial Yang Lebih Menonjol, Semua Etnis dan Agama Diperlakukan Sama dimata Pemkot Ternate.

PIKIRAN UMMAT.Com—Ternate||Walikota Ternate Dr.M.Tauhid Soleman, M.Si.dinilai mencapai prestasi yang membanggakan dalam membangun kehidupan sosial yang harmonis.
Jalinan harmoni sosial di kota ternate selama kepemimpinan Walikota Dr.M.Tauhid Soleman, M.Si. dinilai terbangun dengan baik.

Indikatornya, selama dipimpin Walikota M.Tauhid Soleman, kota ternate nyaris luput dari issu-issu SARA baik suku, agama dan golongan.

Faktor Kepemimpinan orang nomor satu Kota ternate ini dianggap nasionalis dan sepi dari sensifitas SARA baik suku, agama dan Ras.

Hal itu berdasarkan pandangan beberapa warga yang mengaku berasal dari berbagai latar belakang etnis dan agama di kota ternate.

Menurut mereka, Kota Ternate yang heterogen dan pruralistik nyaris sepi dari issu primordialisme dan ketidakadilan dalam beberapa tahun belakangan seiring kepemimpinan Tauhid Soleman yang minim sensifitas primordial.
“Hampir pasti kota Ternate sepi dari issu kekuatan etnis tertentu ya”ungkapnya.
“Saya melihat Waikota Tauhid lebih mengedepankan profesionalisme”nilai Lukas.

Faktor terpenting yang menonjol karena Walikota Tauhid dinilai mampu memposisikan kepemimpinan secara adil bagi semua golongan.Tauhid katanya tidak menonjolkan diri berpihak pada kelompok sosial tertentu.
“Coba kita lihat, Idul fitri, Idul Adha, Natal dan Tahun Baru, Waisak, tahun baru Cina semua selaku ada Walikota Tauhid Soleman.Semua agama dan golongan merasa diperlakukan sama dan adil oleh Walikota”ungkap Anwar.

Kondisi harmoni sosial ini menurut mereka otomatis memberikan sumbangsih harmoni sosial, stabilitas sosial dan keamanan di Kota Ternate terbilang kondusif.

Kondisi itu tandas dia tentu diinginkan warga kota ternate yang beragam latar belakangnya.Mereka sudah pasti menginginkan kondisi sosial tetap harmoni agar bisa menjalankan aktifitas kehidupan dengan baik dan lancar.
“Warga Kota Ternate yang beragam cultural dan keyakinannya tentu sangat menginginkan pemerintah yang mengayomi semua agar kondisi sosial tetap stabil”pungkasnya.

Sementara itu kalangan pemerhati pemerintahan memberikan penilaiannya bahwa Walikota Ternate tidak terjebak pada polarisasi primordial atau politik identitas baik suku dan agama.

Tauhid bahkan dinilai lebih mengedepankan profesionalisme dalam menjalankan kepemimpinan di Kota Ternate.
“Pak Tauhid Soleman saya nilai tidak terjebak dengan polarisasi etnisitas atau primordialisme ya atau politik identitas lah sehingga semua merasa diperlakukan sama.Beliau mencoba mengedepankan profesionalisme dalam mengelola kepemimpinanya”nilai Abdul Asis.

“Harmoni sosial merupakan nilai plus kepemimpinan Walikota Dr.M.Tauhid Soleman, M.Si” pungkasnya.(***)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *