HEADLINEPEMERINTAHAN

Sekda Hal-Tim Ir.Ricky Chairul Richfat, ST.MT. Serahkan LKPD Pemda Hal-Tim ke BPK Malut

Dalam sambutan pengantar Sekda menyampaikan bahwa penyerahan LKPD Unaudited Tahun 2023 merupakan kewajiban pemerintah daerah dalam memenuhi ketentuan perundang-undangan

PIKIRAN UMMAT.COM—TERNATE||Sekertaris Daerah Kabupaten Halmahera Timur, Ir.Ricky Chairul Richfat, ST.MT., menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah atau LKPD tahun 2023 Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Timur kepada BPK , siang tadi, Kamis 28 Maret 2024 bertempat di kantor Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Maluku Utara.

Penyerahan LKPD Unaudited diterima oleh KASUBAUD I Bhuono Agung Nugroho dan KASUBAUD II I Wayan Artadan Adi yang didampingi oleh Tim Pemeriksa BPK

Turut mendampingi Sekretaris Daerah Ir. RICKY CHAIRUL RICHFAT, ST, MT., Inspektur Halmahera Timur IRAWAN MAHBUB, SH dan Kepala BPKAD Halmahera Timur JOKO LELONO RIDWAN, MM.

Dalam sambutan pengantarnya, Sekda Ricky Chairul Richfat menyampaikan bahwa penyerahan LKPD Unaudited Tahun 2023 merupakan kewajiban pemerintah daerah dalam memenuhi ketentuan perundang-undangan yang menyatakan bahwa gubernur/bupati/wali kota menyampaikan laporan keuangannya kepada BPK RI paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Lanjut dia bahwa Laporan keuangan selanjutnya akan diperiksa oleh BPK dalam rangka memberikan pendapat/opini atas kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan, dengan mendasarkan pada empat aspek, yaitu:
1. Kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan (SAP);
2. Kecukupan pengungkapan (adequate disclosure);
3. Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan;
4. dan Efektivitas sistem pengendalian intern (SPI)

Diakhir sambutan sekda menegaskan bahwa pemerintah kabupaten Halmahera Timur akan selalu membuka diri, dan akan memenuhi permintaan kebutuhan dokumen dalam rangka kelancaran audit terinci.

Acara penyerahan berlangsung lancar dan tertib. Diakhir acara penyerahan, I Wayan Artadan Adi menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Timur yang telah menyampaikan LKPD Unaudited tepat waktu, dan berharap dukungan pemerintah daerah memberikan informasi pengelolaan keuangan sedetail mungkin demi kelancaran kegiatan audit
Acara diakhiri dengan sesi foto bersama, dan penyerahan Laporan Tindak Lanjut Oleh BPK ke Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Timur(***)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *