HEADLINE

INw Telah Eksis

Yusman Arifin, SH.:INw Siapa menjadi penyeimbang dan pengawasan pengelolaan tambang nikel di Indonesia yang sustanable

PIKIRAN UMMAT.Com—Jakarta||Indonesia Nikel Watch atau INw resmi dideklarasikan di Jakarta, Kamis 4/1/2024.

Yusman Arifin, SH., didaulat sebagai Direktur Eksekutiv bersama Usman Sergi, SH., sebagai Sekjen INw guna menjalankan roda organisasi secara sistematis dan profesional sesuai nilai-nilai INw.

Yusman Arifin, Direktur Eksekutiv INw menyatakan, kelahiran INw didasari atas pengkajian yang mendalam terhadap pengelolaan pertambangan nikel di Indonesia yang masih timpang.

Advokad yang kini eksis di Jakarta ini menilai, semua komponen baik perusahan Tambang, pemerintah, legislativ dan penegak hukum belum menunjukan komitmen yang kuat demi pengelolaan tambang yang pruden dan sutanable.

”Pencermatan dan hasil kajian INw, stackeholder pengelolaan tambang baik pemerintah dan Legislativ sebagai regulator, perusahan, penegak hukum belum menunjukan itikad yang baik bagi pengelolaan tambang yang bersih dari korupsi, bebas dari pencemaran lingkungan, bebas dari isyu HAM dan suatanable”tegas dia.

”Terbukti pengelolaan tambang nyaris berbanding lurus dengan perusakan lingkungan, korban jiwa, kerugian masiv bagi warga lingkar tambang dan dugaan korupsi”tukasnya.

Yusman Arifin memberikan contoh gampang terkait dugaan eksport ilegal seperti diendus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menduga terdapat kerugian keuangan negara sebesar Rp 575.068.799.722,52 atau Rp 575 miliar akibat dugaan ekspor 5,3 juta ton bijih nikel (nikel ore) ke China.

”Dugaan Pencemaran kali Sagea di Hal-Teng, insiden meledaknya tungku di IWIP di Hal-Teng dan terakhir di Konawe yang menelan banyak korban jiwa dipihak pekerja adalah contoh nyata betapa pengelolaan tambang nikel masih bermasalah serius”tandas Yusman.

Koordinator Supervisi (Korsup) Wilayah V KPK, Dian Patria mengatakan, kerugian itu timbul dari ekspor ilegal bijih nikel sepanjang 2020 hingga Juni 2022.

”Issue ini mendapat perhatian serius INw.Kita lagi mengkaji langkah hukum terhadap Presiden RI”tegas Yusman Arifin.

Oleh karena itu, kata Yusman Arifin, lahir dan hadirnya INw akan memperkuat pengelolaan tambang nikel yang berkelanjutan.
”Pengawasan akan kita perketat”tandasnya.

Tentang Kami INDONESIA NICKEL WATCH

INDONESIA NICKEL WATCH adalah organisasi non pemerintah (ornop) yang memiliki kepedulian terhadap masalah-masalah HAM, gender, lingkungan hidup, masyarakat adat dan isu-isu keadilan sosial dalam industri pertambangan dan migas.
Bertolak dari fakta politik dan sosial bahwa
Indonesia tidak hanya menanggung praktek pertambangan yang destruktif di atas tanah dan sumber daya alamnya. Tetapi juga telah memiliki daftar panjang menyedihkan tentang pelanggaran HAM termasuk penggusuran paksa, hilangnya sumber kehidupan serta kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak.

INDONESIA NICKEL WATCH atau INw akan bekerja dengan masyarakat korban di banyak daerah di Indonesia yang dirusak oleh kegiatan pertambangan dan migas. Posisi dan tuntutan INw lahir dari keprihatinan terhadap penghancuran masiv lingkungan dan sosial ekonomi masyarakat setempat akibat industri pertambangan dan migas. INw menyaksikan banyak fakta dilapangan bahwa industri pertambangan nickel mensejahterakan adalah mitos belaka.

Landasan INw adalah Pengelolaan secara adil dan bijak kekayaan tambang nickel dan sumber energi hanya untuk memenuhi kebutuhan dasar rakyat dan menjamin keberlanjutan keselamatan rakyat dan ekosistem kini dan masa depan”.

Filosofi dasar INw adalah terciptanya perlakuan yang adil dan keterlibatan bagi semua orang sejalan dengan hak-hak asasi manusia dan nilai-nilai lingkungan hidup. Filosofi ini merupakan motivator utama dibalik semua kegiatan INw.

Kegiatan-kegiatan INw bertujuan untuk mewujudkan hak hidup masyarakat Indonesia di lingkungan yang sehat, produktif, bahagia, dan berkelanjutan. Dalam kegiatannya INw dibatasi oleh Etika dan Nilai-nilai Dasar INw.

Siapapun, baik individu atau kelompok yang bergerak memperjuangkan pengelolaan pertambangan dan energi lebih adil dan bijak kedepan, serta mendukung posisi INw, bisa terlibat dan mendukung kerja-kerja INw. Kerja-kerja INw dilakukan dalam bentuk pendampingan masyarakat korban, riset, pendidikan, kampanye penyadaran publik, advokasi kebijakan dan proses litigasi.

LOGO

Logo INw melambangkan hubungan yang tidak terpisahkan antara konstituen INw yang sedang bekerja untuk suatu kondisi ideal yang dicita-citakan.

Simpul – simpul dalam logo mengartikan suatu mekanisme kerja gerakan yang terdiri dari simpul kampung, simpul pulau dan simpul inti. Gerakan INw tidak tersentralisasi pada satu simpul tertentu, melainkan berupa suatu gerakan bersama-sama konstituen dan publik pendukungnya.

KONSTITUEN
Organisasi non-pemerintah yang ikut terlibat dalam pembentukan awal INw.Organisasi non-pemerintah yang sejalan dan mendukung gerakan INw.Organisasi komunitas yang telah melakukan perlawanan terhadap praktek buruk pertambangan dan migas.Masyarakat yang sedang melawan perlakuan buruk pertambangan dan migas Generasi masa depan.(***$

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *