HEADLINEOPINI

Nonton “Debat Cawapres” Malam Ini

Tony Rosyid/Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa

Jangan lewatkan. Malam ini. Debat cawapres akan tayang. Live. Inilah debat yang ditunggu-tunggu. Pasti seru.

Tiga cawapres akan hadir. Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.

Gibran yang jadi perhatian. Paling ditunggu. Kenapa? Pertama, Gibran cawapres termuda. Usia kurang dari 40 tahun. Dan baru dua tahun menjadi walikota Solo.

Kedua, Gibran selama ini banyak menghindari debat di depan publik. Alasannya: tidak resmi. Hanya debat di KPU yang resmi.

Kabarnya, Gibran telah lama menyiapkan diri untuk berdebat di KPU. Gibran paling siap. Kata Ridwan Kamil: Gibran gak akan kalah dengan dua cawapres lainnya. Sudah sangat siap untuk menghadapi Cak Imin dan Mahfud MD.

Mampukah Gibran menghadapi Cak Imin dan Mahfud? Pasti bikin penasaran kan?

Satu hal lagi yang membedakan Gibran dengan Cak Imin dan Mahfud. Cak imin punya pengalaman panjang di politik dan pemerintahan. Alumi UGM ini pernah lima tahun jadi menteri, anggota DPR puluhan tahun, dan tiga periode menjadi ketum partai. Apakah pengalaman panjang ini bisa dikalahkan oleh Gibran yang baru dua tahun jadi walikota?

Mahfud MD pernah jadi anggota DPR dan beberapa kali jadi menteri. Profesor hukum ini juga pernah jadi ketua MK. Pengetahuan dan pengalamnnya cukup matang. Apakah Mahfud akan juga dikalahkan oleh Gibran?

Mungkinkah Mahfud sudah dipanggil Jokowi agar dalam debat malam ini mau mengalah untuk Gibran? Inilah usil publik. Namanya juga usil. Bisa salah, bisa benar. Ya, kita lihat saja malam ini. Apakah Mahfud akan tajam memberi pertanyaan dan pernyataannya kepada Gibran? Atau hanya nornatif saja.

Ketiga, pencalonan Gibran kontroversial. Gibran adalah produk Mahkamah Konstitusi (MK) yang keputusannya menyebabkan ketua MK dicopot dari posisi sebagai hakim ketua. Terbukti melanggar etik. Sekali lagu, terbukti.

Hari ini, komisiaonir KPU sedang diperiksa oleh DKPKP karena menerima pendaftaran Gibran sebelum mengubah lebih dulu Peraturan KPU (PKPU).

Intinya, Gibran kontroversial. Sesuatu yang kontroversial, pasti ramai dan menarik untuk ditonton.

Sayangnya, debat malam tentang ekonomi, kekuangan, pajak, APBN-APBD dan sejenis. Sehingga, Cak Imin dan Mahfud tidak akan bisa menyoal kontroversi yang terjadi di MK ini.

Akankah Cak Imin dan Mahfud akan bertanya: apakah kesuksesan bisnis Gibran ada hubungannya dengan APBN yang dikelola ayahnya? Kayaknya, pertanyaan ini gak akan muncul.

Jakarta, 22 Desember 2023

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close