HEADLINE

Pakar Ekonomi Sebut DBH Tambang Adalah Hak Rakyat Malut

DR.Mukhtar Adam, SE.M.Si :Awas ! jangan Gunakan DBH Untuk Belanja Yang Lain.

 

PIKIRAN UMMAT.Com—Ternate||Pandangan kritis kembali dilontarkan pakar ekonomi Dr.Mukhtar Adam.DBH Tambang dalam pemikiran sapaan Om Pala Malanesia adalah hak rakyat olehnya tidak bisa digunakan untuk belanja yang lain selain belanja untuk kepentingan langsung rakyat.

DBH harus dibedakan dengan PAD dan Pajak yang merupakan hak full pemerintah untuk mengatur untuk semua pos belanja namun DHB harus benar-benar dipastikan belanjanya untuk kebutuhan kesejahteraan rakyat.

Oleh karena itu kata dia, pihaknya dalam hal ini LP2D getol memperjuangkan DBH.

“Mungkin ada yg berpikir DBH hanya menjadi sumber pendapatan daerah, jika batasnya disitu untuk apa di perjuangkan”timpal Om Pala Malanesia ini.

Karena DBH dapat menjadi sumber distribusi kesejahteraan bagi masyarakat Maluku Utara, maka DBH bukan sekedar pendapatan daerah tapi instrumen kesejahteraan rakyat, solusi mencari sumber pertumbuhan ekonomi baru pasca tambang, mengurai problem kemiskinan, mengatasi pengangguran, merangkai problem pembangunan manusia, yg wajib menjadi fokus ditengah momentum pertumbuhan ekonomi tambang”jelas nya.

Mukhtar mengatakan, hilirisasi tambang patut didukung namun harus berbanding lurus dengan keadilan ekonomi bukan sebaliknya proses hilirisasi hanya memperkaya pihak lain tanpa keseimbangan.
“Kita mendukung proses hilirisasi Tambang, tapi kita butuh keadilan ekonomi bagi warga setempat, tak bisa dibiarkan proses hilirisasi hanya memperkaya pihak lain, tanpa ada keseimbangan yang dimediasi pemerintah melalui pajak dan bukan pajak yang kita sebut PNBP”tegas dia.

Akademisi Unkhair ini mengajak semua pihak terutama pemerintah agar mendorong redistribusi ekonomi ke warga melalui DBH sebagai hak rakyat.

“Mari kita pastikan ada upaya redistribusi ekonomi ke warga melalui DBH yang diatur dalam regulasi merupakan hak rakyat untuk sama kita pastikan bagi pembangunan Maluku Utara”ajak nya.
“Awas jangan pakai DBH utk belanja lain”pungkas Dr.Mukhtar Adam, SE.M.Si(***)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *