HEADLINE

HIKMU Pusat Gelar Perayaan Natal 2024, Ini Yang Disampaikan Ketum HIKMU

Laporan : Abdhy RN/Kepala Biro Jakarta

PIKIRAN UMMAT.Com—Jakarta||Himpunan Keluarga Besar Maluku Utara atau HIKMU pusat menggelar perayaan Natal 2024, Sabtu (13/1/2024).

Acara perayaan Natal digelar di gedung Nusantara V DPD dan MPR RI itu dihadiri  Pangkostrad Letjen TNI M.Saleh Mustafa, Ketua dan Pengurus Keluarga Perhimpunan Masyarakat Sarani se Jabodetabek, Para Sesepuh Keluarga Besar Himpunan Keluarga Maluku Utara, Para pengurus serta Organisasi Paguyuban Maluku Utara serta Warga Maluku Utara se Jabodetabek.

Acara Natal dimulai dengan ibadah Natal yang dimulai sekira pukul 17.00 WIB-19.00 WIB dan dilanjutkan  dengan acara cerimonial perayaan natal.

Ketua Umum HIKMU Pusat Nabil M.Salim didaulat memberikan sambutan seremoni perayaan Natal 2024.

Mengawali sambutan pembukaannya, ketua umum HIKMU menyampaikan ucapan Terimakasih kepada Bapak Stefi Pasimanjeku, anggota DPD dan MPR RI asal Malut yang telah memberikan bantuan hingga terselenggaranya acara Natal HIKMU Malut ini.Nabil juga tak luput mengajak jemaat Natal HIKMU agar mendoakan salah satu putra terbaik Maluku utara yakni Pangkostrad Letjen TNI M.Saleh Mustafa bisa sukses dalam karier militer bisa mencapai jabatan Kasad.

”Atas nama HIKMU saya sampaikan ucapan Terimakasih kepada Bapak Stevi Pasemanyeku, anggita DPD RI yang telah berkenaan membantu hingga terselenggaranya acara ini”ucap dia.

“Selanjutnya saya juga mengajak jemat Natal HIKMU mendoakan Pangkostrad Letjen TNI M.Saleh Mustafa bisa sukses dalam kariernya, mencapai jabatan tertinggi TNI AD sebagai Kasad”ajak Nabil yang disambut amin dari seluruh jemaat Natal.

Nabil M.Salim menyatakan “melalui tema tahun ini “Dia Datang Untuk Mendamaikan”, adalah bukan pernyataan biasa, akan tetapi tema yang menjadi inspirasi dan semangat hidup bagi saudara-saudara sekalian. Harapan saya melalui Natal ini saudara-saudara bertambah keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Bertambah kerukunan antar umat beragama, dan juga merupakan implementasi dari nilai-nilai keimana yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menjadi umat yang santun dan baik”harap dia.

Selanjutnya Nabil M.Salim menyentil pesan dari MUI pusat yang pada intinya menekankan pesan kebersamaan dan kedamaian disetiap perayaan Natal.

”Pada kesempatan yang berbahagia ini, ijinkan saya mengutip pesan dari Majelis Ulama Indonesia, bahwa jadikanlah perayaan Natal menjadi pesan moral dalam kebersamaan menuju suasana hidup damai, dengan nuansa keberagaman berbagai agama. Pesan ini bermakna bahwa melalui natal terciptanya toleransi dan kehidupan masyarakat yang lebih bermakna lebih dari biasanya.

Pangkostrad Letjen TNI M.Saleh Mustafa duduk bersama Nabil M.Salim (Ketum HIKMU) dan Ibu Fany (Ci Fany) di ruang VIP gedung Nusantara V DPD dan MPR RI, Sabtu (13/1/2024)

Ketum HIKMU ini menandaskan bahwa “Salah satu komitmen bersama, bahwa kita merupakan bangsa yang majemuk seperti bersuku-suku dan berbangsa-bangsa namun kita tetap bisa bersatu seperti semboyan Bangsa ini yakni semangat Bhinneka Tunggal Ika”tandasnya.

Mengahiri sambutannya, Ketum HIKMU berpantun “Rumаh іndаh tаk bеrреnghunі, Rеduр bаtеrаі jangan dіtіnggаlkаn. Bеtара indahnya nеgаrа ini,
Hіduр dаmаі dаlаm реrѕаtuаn”
“Pulau Dodola ada di Maluku Utara, Pantainya indah terasa nyama.
Walau kita berbeda agama,
Tapi selalu saling menjaga ketentraman.
Saudara saudaraku yang terkasih”

Menutup sambutannya Ketum HIKMU mengajak “saya mengajak kita semua mari kita jaga kebhinekaan atau keberagaman, saling hormati perbedaan. Menyongsong masa depan sambil bergandeng tangan, selalu bersatu dalam semangat perjuangan”ajak dia.

“Kita menjadikan diri kita sebagai pribadi teladan dan disiplin, bisa mulai dari diri sendiri dan orang terdekat dengan kita. Menjadi dorongan semangat untuk satu sama lain, saling berbagi, saling memahami, saling mendengarkan, yang akan menyatu menjadi kekuatan besar.”pungkas Ketum HIKMU menutup sambutannya.

Suasana perayaan Natal HIKMU yang meriah di Gedung Nusantara V DPD dan MPR RI.Natal dihadiri ratusan jemaat dan lintas agama keluarga besar HIKMU Pusat.

Usai acara, Ketum HIKMU Nabil M.Salim dalam pernyataan pers nya menyatakan, perayaan Natal dan Tahun baru 2024 terasa istimewa karena digelar ditengah seluruh rakyat dan komponen bangsa sedang larut dalam eforia politik Pemilihan umum dan pemilihan presiden yang sarat akan pertentangan dan perpecahan anak bangsa karena terjebak dalam arena kontestasi kepentingan politik.Dalam konteks ini maka kata Nabil, perayaan Natal yang di gelar digelar HIKMU mengandung makna strategis bagi upaya membangun persatuan dan kesatuan bangsa pada umumnya dan warga Maluku utara pada hususnya.
“Peringatan Natal dan Tahun baru 2024 yang kita gelar pada malam ini adalah upaya dan ikhtiar kita dalam merajut kebersamaan dan membangun Persatuan dan kesatuan bangsa baik secara nasional maupun daerah Maluku utara”ujar nya.

Dia menjelaskan bahwa masyarakat Maluku utara yang heterogen, terdiri dari berbagai suku dan agama membutuhkan stimulasi toleransi dan kebersamaan sehingga kehidupan sosial dan keamanan tetap terjaga stabil dan kondusif, terlebih ditengah bangsa yang sedang menghadapi agenda politik akbar Pemilu dan Pilpres.
“Fakta sosial Maluku utara yang heterogen baik suku dan agama membutuhkan sentuhan toleransi dan menyatukan sehingga cita-cita untuk mewujudkan kehidupan bangsa yang kondusif dapat tercapai”
“Apalagi ditengah kita sedang menghadapi agenda politik akbar pemilu dan pemilihan Presiden di tahun 2024”tandasnya.

Acara Natal yang digelar HIKMU berlangsung meriah dan penuh keakraban.Para tokoh dan warga Malut dari lintas agama bisa berbaur dan menyatu dalam perayaan hari besar umat kristiani itu.

Warga di lokasi acara menyampaikan harapan mereka semoga natal dan tahun baru 2024 membawa kedamaian bagi daerah dan bangsa Indonesia.
“Harapannya Natal 2024 ini membawa kedamaian bagi Maluku utara dan bangsa Indonesia”pinta Bapak Abdhy RN.(***)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *