HEADLINE

Disayangkan, Jika Cita-Cita Mulia Tauhid Bangun RSUD Ternate Sampai Gagal.

RSUD Modern Ternate Selain Mendapat Kebijakan Insentif Fiskal Pusat, Juga Keberadaan RSUD Modern Bakal Menguatkan Posisi Ternate Sebagai Kota Jasa.

PIKIRAN UMMAT.Com—Ternate||Rencana Walikota Ternate Dr.M.Tauhid Soleman membangun Rumah Sakit Umum Daerah Kota Ternate mendapat dukungan luas masyarakat.

Kemuliaan niat baik Walikota ini harus benar-benar didukung, sebagai langkah strategis pembangunan daerah. Rumah Sakit dengan fasilitas modern itu dinilai bakal memberikan pelayanan kesehatan berkualitas dan semakin memperkuat posisi kota ternate sebagai kota jasa di sektor kesehatan.

Fasilitas pelayanan kesehatan yang belum memenuhi kebutuhan akan pelayanan kesehatan yang berkualitas sekaligus mempertahankan Kota Ternate sebagai kota tujuan akses jasa di bidang kesehatan adalah dua pandangan yang mendasari dukungan terhadap rencana strategis Walikota Tauhid Soleman.

Membangun Rumah Sakit, bukan hanya soal teknis, bukan pula soal kepentingan Pendapatan semata, tetapi lebih dari itu; yakni kepentingan Kemanusiaan, kita menyediakan ruang untuk orang berobat adalah sebuah kemuliaan”. Ungkap, Tauhid.

Kepada media ini, disela -sela perbincangan silaturahmi Idul fitri dua hari lalu, Orang nomor satu kota Ternate ini nampak menyiratkan kegalauanya atas rencananya besar membangun RSUD modern yang masih terkendala pada pembahasan yang belum secara komprehensif antara Eksekutif dan Legeslatif.

Sapaan akronim MTS ini mengungkapkan bahwa rencananya masih pada proses diskusi dengan pendekatan secara rasional, pada pembahasan di Legislatif. Mantan Sekot Ternate ini mengungkapkan bahwa sebetulnya secara sistematis, rencana pembangunan RSUD modern tidak menemui kendala yang segnifikan, dimana sebagai eksekutif, dia telah diberikan hak untuk mewujudkan rencananya pembangunan RSUD. Namun dia tetap menghargai posisi DPRD Kota Ternate sebagai mitra strategis dalam perencanaan pembangunan.

“Soal RSUD ini dari sisi sistematis tidak ada permasalahan lagi dimana telah ada Surat Edaran Kemendagri telah memberikan kewenangan Eksekutif untuk itu, kami berharap ada sinergitas yang terbangun nantinya dan akan menghasilkan produk Peraturan Daerah,ungkapnya.“Hanya saja sebagai mitra, kami menghargai sikap legislatif”,imbuhnya.

Tauhid Soleman memaparkan, banyak manfaat yang bakal diraih warga kota dan Kota ternate dari RSUD Modern ini.

Pertama ungkap dia, soal fasilitas pembiayaan dimana seluruh pembiayaan ditanggung pengembang dibawah garansi pemerintah melalui skema pembiayaan syariah.
“Anggarannya tidak membebani APBD Kota Ternate karena semua pembiayaan ditanggung pengembang dan dijamin dalam skema pembiayaan syariah”ungkapnya.

Kedua menurut Tauhid, RSUD Modern merupakan kebutuhan mendesak atas fasilitas pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi warga Kota Ternate khususnya dan warga Maluku utara pada umumnya.
Ketua DPD Partai Nasdem Kota Ternate I menyatakan, semua pihak tidak busa menutup mata atas fasilitas infrastruktur dan pelayanan kesehatan yang masih jauh dari kualitas saat ini dan perlu ada langkah terebosan untuk menjawab tuntutan kebutuhan masyarakat tersebut.

“Kita semua tahu dan menyadari bahwa fasilitas pelayanan kesehatan untuk masyarakat itu masih minim, apalagi tuntutan itu semakin meningkat. Pemikiran pembangunan RSUD Modern sudah urgen”papar dia.
Soal lain tak kalah penting kata dia adalah RSUD Modern Kota Ternate untuk menguatkan posisi Kota Ternate sebagai kota jasa ditengah tantangan yang dihadapi Kota Ternate seiring semakin berkembangan nya daerah-daerah.

“Melalui RSUD Modern ini, saya ingin ada langkah penguatan Kota Ternate sebagai kota jasa”tandasnya.
Tauhid memperkirakan, RSUD Modern bakal menjadikan kota Ternate sebagai kota tujuan pelayanan kesehatan. Langkah yang strategis dalam upaya memutus rantai capital fly atas akases layanan berkualitas ke Manado dan di Jakarta yang oleh dia ditaksir mencapai puluhan milyar per tahun nya.

“RSUD Modern Ternate akan memutus rantai uang keluar dari Malut dampak dari banyaknya warga malut yang berobat keluar daerah karena untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih berkualitas” pungkasnya.(***)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *