HEADLINE

TIPS MEMILIH PEMIMPIN ALA USTADZ THARIQ KASUBA.

Dr.(Cand)M.Thariq Kasuba, Lc.MA: Pilih Pemimpin Yang Takut Kepada Allah dan Mencintai Rakyatnya.

PIKIRAN UMMAT.Com—Jakarta||Saat ini seluruh rakyat dan komponen bangsa sedang diperhadapkan pada agenda politik pemilihan umum, pemilihan Presiden dan selanjutnya pemilihan kepala daerah serentak seluruh Indonesia.

Agenda dimana rakyat akan memilih pemimpin-pemimpin bangsa mulai dari pemimpin lembaga legislatif dan eksekutif tingkat pusat sampai daerah melalui proses demokrasi pemilihan langsung.

Seluruh rakyat tentu berharap bisa memilih pemimpin-pemimpin yang terbaik bangsa untuk membawa bangsa menuju dermaga kemajuan dan kesejahteraan bangsa dan rakyat.

Seperti apa kriteria pemimpin yang, ada baiknya kita menyimak konsepsi kepemimpinan terbaik menurut Ustadz M.Thariq Kasuba berikut ini.

Menurut Dr.(Cand)M.Thariq Kasuba, Lc.MA., pemimpin yang baik memiliki kriteria seperti yang diwasiatkan Rosulullah Muhammad SAW.

Rasulullah kata Dai muda jebolan Universitas Islam Madina ini mewasiatkan kriteria pemimpin yang baik memiliki dua kriteria yakni pemimpin yang takut kepada Allah dan mencintai rakyat nya.
Dua hal ini jika dimiliki oleh pemimpin ungkap Thariq dijamin bakal membawa rakyat pada gerbang kesejahteraan dan kedamaian hidup bangsa.

Ciri pemimpin ini kata Uatadz  Thariq seperti dinukil dari Ibnu Rajab al-Hambali yang mengingatkan bahwa tingkatan rasa takut yang wajib dimiliki seorang Muslim berima adalah sejauhmana rasa takut kepada Allah Azzawa Jalla tersebut mendorong yang bersangkutan melakukan hal-hal yang menjadi keutamaan dan menjauhi hal-hal yang diharamkan menurut syariat-Nya.
Apabila perasaan takutnya kepada Allah Ta’ala mampu membangkitkan dirinya untuk bersemangat mengerjakan nafilah (amalan sunat) dan ketaatan, menjauhi yang makrûh, dan tidak berlebihan dalam hal-hal yang mubah, maka itu semua merupakan rasa takut yang terpuji.

Sebaliknya, apabila perasaan takut kepada Allah Ta’ala menyebabkan yang bersangkutan menjadi sakit, mati atau kecemasan permanen yang memutus semua jenis usaha, maka rasa takut kepada Allah Ta’ala yang demikian menjadi rasa takut yang tidak terpuji.

Pemimpin yang takut kepada Allah Ta’ala akan meyakini bahwa memikul kewajiban-kewajiban kepemimpinan merupakan salah satu amal ketaatan terbesar di sisi Allah Ta’ala bagi dirinya demi mengharapkan pahala-Nya dan bermaksud mendekatkan diri kepada-Nya. Menegakan agama-Nya dan menata dunia dengan agama-Nya (menata dengan hukum yang diturunkan Allah Ta’ala dalam segala sendi kehidupan sehingga keadilan tersebarkan dan kezaliman hilang, barisan tersatukan dan perpecahan terhapuskan, bumi termakmurkan dan kekayaan alam termanfaatkan), dilakukan demi mengejarkan apa yang dijanjikan Allah Subhanahu wa Ta’ala Rasul-Nya Shallallahu ‘Alaihi wasalam.

Sementara Ustadz Thariq Kasuba menjelaskan kriteria pemimpin yang mencintai dan dicintai rakyatnya dengan menukil sabda Rosulullah SWA.
Rosulullah SAW bersabda bahwa Sebaik-baiknya pemimpin kamu adalah mereka yang kamu cintai dan mereka pun mencintamu, kamu menghormati mereka dan merekapun menghormati kamu. Pun sejelek-jeleknya pemimpin kamu adalah mereka yang kamu benci dan mereka pun benci kepada kamu. Kamu melaknat mereka dan mereka pun melaknatmu”(HR Muslim)..
Demikian pesan Ustadz Dr.(Cand)M.Thariq Kasuba, Lc.MA kepada rakyat agar memperhatikan kriteria diatas dalam memilih pemimpin sehingga kelak dapat mencapai kemajuan dan kesejahteraan(***)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *