BUDAYA

IKATAN KELUARGA HALMAHERA UTARA (IKA HALUT) HARUS DIHIDUPKAN KEMBALI .

Ajhar H.Rauf, SH.
Laporan Ajhar Rauf/Redpel.

PIKIRAN UMMAT.Com—Ternate||Tantangan internal yang di hadapi warga Halmahera utara semakin berat dan komplek membutuhkan persatuan dan kesamaan cara pandang menghadapi secara solutif.

Demikian pandangan Mad nama panggilan nya, warga Halmahera Utara di Ternate.menurutnya bahwa IKT-Halut Harus ada di provinsi Maluku Utara.
“Tabea, Suba se Salam
Podiko de Po Rio,
Maku Higaro & Mateke Sigaro, keluarga Halut harus punya wadah”ujar Muhamad Abd.Kadir, warga Halut.

Sapaan akrab Mad mengajak sebagai warga Halmahera Utara tentu harus seenergi melihat kondisi sosial dan budaya orang Halut yang saat ini berada di berbagai Daerah di indonesia.
wadah Ika-halut harus ada.dan pentingnya di jaga bersama oleh semua elemen masyarakat Halut” tandas dia.
Dia mengungkapkan bahwa Daratan Kabupaten Halmahera Utara yang terbentang dari Pasir Putih hingga Pesisir Apulea loloda Utara memiliki potensi Sumber Daya Alam ekonomi yang Besar dan juga Sumber Daya Manusia yang Handal.
Potensi yang besar itu kata Mad harus mendapat perhatian serius seluruh warga Halut sehingga bisa dimaksimalkan sebesar-besarnya untuk kehidupan warga Halut dan olehnya harus ada wadah bersama IKA Halut yang mampu membahasnya.

Mad juga menyampaikan kepada awak media Torang warga Halut di Ternate kalau bicara SDM Alhamdulillah sudah banyak
Khusus untuk Sumber Daya Manusia handal warga Halmahera Utara wa bil khusus yang ada di Ternate tak terbilang lagi banyaknya & punya kwalitas mumpuni.
“bila kita mau sebutkan SDM kita sudah unggul baik secara kuantitas dan kualitas, Ada mulai dari yang berprofesi sebagai pemangku jabatan tinggi Eksekutif, Legislatif, TNI POLRI, Akademisi, Wiraswasta, Ulama, Ustadz, Ustadzah, Rohaniawan, Pendeta, Pengusaha, Lawyer, Jurnalis, Petani, Penulis, Pemikir, Nelayan, Buruh dll.” beber Mad.

Potensi SDM besar tersebut diatas menurutnya bila disatukan dalam Satu Wadah IKATAN KELUARGA HALMAHERA UTARA maka akan menjadi sangat *KUAT & KOKOH

Tokoh masyarakat ini pun memberikan contoh perbandingan dengan keberadaan paguyuban di Maluku Utara.
“Kita jangan kalah dengan Ikatan Paguyuban Daerah Lain yang sudah terbentuk dan sangat solid memupuk Kebersamaan & Kekeluargaan seperti contoh : KKSS, IKT, Makayoa”tandasnya.

Lanjut nya bahwa Program dan Kebersamaan beberapa Ikatan Daerah lain seperti mampu memberikan manfaat besar seperti Bedah Rumah, Penyediaan Ambulance, Lahan Pekuburan, media center, bahkan Menyasar Pemberdayaan Ekonomi.

Ahmad kembali menegaskan Bila kita Implementasikan, dalam Wadah IKATAN KELUARGA HALMAHERA UTARA, dengan desain dan visi misi yang baik, kita yakin akan menjadi satu KEKUATAN BESAR dan menjadi kebanggaan warga Halmahera Utara.

Mantan purnawirawan ini menyampaikan pula bahwa
memang sudah ada wadah & Paguyuban tetapi masih belum mewadahi secara utuh warga Halut yang multi etnis, Ras, Agama & Golongan.

Namun dia mengingatkan bahwa Satu hal yang tak boleh dilupakan adalah Dalam Ikatan ini jauhkan dari Kepentingan Politik, jauhkan dari kepentingan Etnis, Agama, Suku, Golongan & Politik Kekuasaan,
“Ansih kita terdiri dari berbagai suku, Agama, Perbedaan Partai Politik, perbedaan visi Kehidupan Pribadi & Strata, terapi Didalam IKATAN KELUARGA HALMAHERA UTARA, semua perbedaan itu MENJADI SUATU PELANGI YANG INDAH dan MENJADI PILAR KEKUATAN YANG KOKOH”harap nya.

Sebagai mantan TNI Dan saat ini terjun di dunia Usaha beliau berharap agar paguyuban atau LSM ataukah yayasan keluarga besar ini segera mungkin di bentuk mengingat pengalaman oragnisasi keluarga yang pernah terlibat dalam kepentingan besar ternyata belum memberikan hasil yang diharapkan.

Kalau bukan kita siapa lagi dan kalau bukan sekarang sapa lagi”ujarnya.
Muhamad Abd.Kadir berharap agar IKT-Halut menjadi magnet untuk menangkap setiap Masalah dan kemudian jadi bahasan lalu distribusi sesuai kebutuhan Jagan seperti paguyuban yang sesudahnya.

Akhir dari aspirasi di atas Mad juga menyampaikan IKT-HALUT di Ternate turut serta meramaikan dan berbagi dengan teman teman sudara saudara kita di kota ternate.
selamat HUT Halmahera Utara. Ke 19 tanggal 31Mei 2022Salam Marimoi Ngone Futuru”tutup nya..

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *