KOTA TERNATE

TAUHID DINILAI PUNYA SANSESIFITAS TINGGI DALAM MERESPONS DINAMIKA SOSIAL KEAGAMAAN.

PIKIRAN UMMAT.Com—Ternate||Waikota Ternate dinilai memiliki senaifitas tinggi dalam merespon dinamika sosial kota Ternate yang pruralistik.

Momentum-momentum keagamaan direspon dengan penuh dinamis dan mampu melahirkan harmoni sosial yang kondusif.
Hal itu terlihat sampai momentum umat muslim menyambut datangnya bulan suci ramadhan 1443 Hijriah atau 2022 Masehi ini.
Orang nomor satu kota Ternate ini mengeluarkan kebijakan libur 3 hari awal puasa dan menutup seluruh fasilitas hiburan malam guna menjamin kenyamanan warga muslim kota Ternate menjalankan ibadah puasa.

Iklan

Terkomfirmasi dari kepala dinas pendidikan kota Ternate, memasuki Ramadan pekan pertama, sekolah di Kota Ternate baik TK/PAUD SD dan SMP akan diliburkan selama tiga hari.

Ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Ternate Ternate, Muslim Gani, saat ditemui wartawan, Kamis (31/3).
Awal puasa ini sekolah dari PAUD sampai SMP libur selama tiga hari yakni, Senin, Selasa dan Rabu. Sementara pada Kamis, Jumat dan Sabtu sudah kembali masuk sekolah untuk melanjutkan aktivitas belajar mengajar,” jelas Muslim.

Selain saat momentum umat muslim, Walikota Ternate sebelumnya juga merespons hari-hari besar keagamaan baik natal bagi umat kristiani dan hari raya Konghucu dengan sangat baik.
Tauhid Soleman menyambangi setiap acara perayaan dan memberikan pesan dan himbauan pentingnya toleransi dan peran aktiv seluruh umat beragama di kota Ternate dalam pembangunan.
Di setiap kesempatan mengajak seluruh umat beragama berperan aktif dan mendukung pemerintah kota Ternate melalui toleransi antar umat beragama agar kehidupan sosial keagamaan berlangsung kondusif guna mendukung jalanya pembangunan kota Ternate.
Pengamat sosial menilai, peran pemerintah kota dalam harmoni sosial sangat penting mengingat kota Ternate yang heterogen baik suku dan agama.
Sebagai kota dimana menjadi pusat kehidupan manusia dari berbagai suku dan agama, hubungan yang harmonis sangat diperlukan agar pembangunan dapat berjalan sesuai harapan pemerintah dan masyarakat.(***)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *