OPINI

FROM FKNT, PESAN STRATEGIS MALUT BUAT MENTERI KKP.

Catatan Usman Sergi, SH/Pimred.

PIKIRAN UMMAT.Com—Sofifi||Helatan iven Festifal Kampong Nelayan Tomalou atau FKNT digelar Pemprov Malut bersama warga Kelurahan Tomalou, Tikep.
Terbaca iven perdana ini nampak iven level kampong tetapi tersirat makna substantif sebagai iven akbar.
Pelibatan langsung Pemprov Malut dan Stackeholder pusat sektor kelautan dan perikanan membuat iven ini punya makna luas dan besar.
Menteri KKP dan staf khusus presiden Jokowi, Prof.Rokhmin Daruri juga berkenaan hadir dan membuka secara langsung iven FKNT ini.
Sudah berang tentu kehadiran Menteri KKP dan Stafsus Presiden diharapkan memberikan makna strategis bagi pembangunan Keluatan dan Perikanan provinsi kepulauan yang dikenal kaya akan Recources kalautan dan perikanan ini.

Ekonom Unkhair Dr.Mukhtar Adam berharap iven ini bukan layaknya pesta kampon yang ceremonial tahunan belaka namun dengan kehadiran Menteri KKP dan Stafsus Presiden dapat mendorong bergening positioning Maluku utara guna memaksimalkan kekayaan Kelautan dan perikanan bagi sebesar -besarnya kemakmuran rakyat Maluku utara.
FKNT ini punya makna strategis terutama dalam rangka mewujudkan asa Program Lumbung Ikan Nasional atau LIN di Maluku utara.Harapan yang telah diperjuangkan cukup lama.
Perjuangan LIN di Malut memang bukan mimpi siang bolong.Sebab kalkulasi ilmiah juga menunjukkan Malut punya basis program LIN.
Potensi kekayaan kelautan dan perikanan tidak sedikit.Demikian potensi SDM juga sangat mendukung.
Tersisa kebijakan politik guna mendorong akselerasi program LIN Maluku utara.
Gubernur Mauku utara, H.Gani Kasuba tentu punya harapan besar agar kehadiran menteri KKP dan Prof Rokhmin Daruri dapat mewujudkan semua itu.
Kesemuanya FKNT merupakan momentum baru bagi kemajuan pembangunan Maluku utara.Namun semua ini berpulang keada seluruh stackeholder apakah mampu dibaca secara cerdas dan profesional atau tidak guna mewujudkan LIN di Malut atau bakal di sambut gempita gesekan politik sempit hingga membuat momentum kesekian dari Gubernur AGK ini berlalu begitu saja.(***)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close