Uncategorized

UMMU Gelar KKS ke XXVII.

Jumat 22-oktober Tadi  Pembekalan Mahasiswa KKS Angkatan XXVIII UMMU. 

Ket. Gambar :Nampak Bapak Rahmat Abd. Fatah,  S. Sos.,  M. Si,  Ketua LP3M UMMU  saat  memaparkan  materi Pada kegiatan  Pembekalan KKS UMMU. (Foto Ko Us). 

PIKIRAN UMMAT. Com–Ternate |universitas Muhammadiyah Maluku Utara kembali menggelar Kuliah Kerja Sosial ke XXVIII. Jumat (22/10) tadi digelar pembekalan KKS  ke 3 sejak digelar pembekalan sebelumnya  senin  hingga kamis kemarin. 

Acara pembekalan  terakhir di jumat pagi hingga siang itu membahas bebera materi antara lain Tata Tertib KKS,  Laporan Kelompok & individu,  Gambaran umum lokasi KKS, AIK , Pemberdayaan & pertemuan dengan DPL.pembekalan KKS hari ke 3 ini diikuti oleh kelompok KKS Internal yang terdiri dari 2 kelompok yakni kelompok 5 & 6. dibuka dengan materi oleh ketua ,  ,, bagi kelompok 5 & 6 ini dimilai sekira pukul 9.00

Ket. Gambar : Nampak Diskusi Kelempok 6 KKS UMMU Dipandu Ketua terpilih Usman Sergi (Topi) bersama DPL Bapak Rahmat Abd. Fatah  di lantai III Gedung Rektorat UMMU. 
 

Pemateri yang tampil memberikan materi antara lain Saiful Bahry, S. Psi. MA, menyampaikan materi tentang Tata Tertib KKS, Rahmat Abd. Fatah,  S. Sos,. M. Si, dengan materi Laporan Kelompok & individu,  Rosmila Tuharea,  SKM.,  M. Kes menyampaikan materi tentang Gambaran umum lokasi KKS, Abubakar Jibad menyampaikan materi AIK , & Dr. Hamidah Rahman,  M. Si.,  Apt dengan materi Pemberdayaan & pertemuan dengan DPL.

Setelah sesi penyampaian materi dilanjutkan dengan pemilihan ketua kelompok & pertemuan dengan Dosen Pembimbing lapangan atau DPL untuk masing -masing kelompok 5 & 6.

Dr. Hamidah Rahman dalam paparan awal materinya menyampaikan bahwa KKS pada dasarnya merupakan pengamalan ilmu & teori yang diporeloh para mahasiswa selama proses perkuliahan di masyarakat dengan tujuan untuk membangun masyarakat yang ber daya & mandiri dalam mengelola kehidupan mereka. Oleh karena itu mahasiswa KKS dituntut menjadi solusi atas problem yang dihadapi Masyarakat & nantinya masyarakat secara mandiri melanjutkan kehidupan mereka. “Jadi ukuran keberhasilan KKS itu apa pasca KKS itu maayarakat mampu melanjutkan apa yang dilaksanakan selama KKS atau tidak “tandasnya.

Sementara itu Berdasarkan data yang diterima media ini dari Ibu Mila  pengurus  lP3M selaku pelaksana &  penanggunjawab KKS bahwa KKS ke XXVIII akan dilaksanakan mulai tanggal 25 oktober 2021 sampai dengan 25 november 2021 atau  selama 1 bulan penuh. KKS terdiri dari KKS eksternal & internal. 

KKS eksternal  mengambil lokasi KKS di Kota Tikep masing -masing di 

 1. Kelurahan Fobaharu

2. Kelurahan Jaya

3. Kelurahan Ome

4. Kelurahan Gubu Kusuma

5. kelurahan Afa Afa

6.kelurahan mareku

Total KKS eksternal di tidore utara yg tersebar di 6 kelurahan dengan jumlah mahasiswa KKS sebanyak  131 mahasiwa.

Untuk KKS internal Berlokasi di kampus & dibagi dalam 6 kelompok masing -masing kelompok 1 ada 44 orang, kelompok 2ada 45 orang, 3 adaa 42 orang, 4 ada 43 orang, 5 ada 43 orang & kelompok 6 ada 60 orang.

Total mahasiswa eksternl 131 dan internal 277 jadi total keseluruhan mahasiswa KKS ke XXVIII berjumlah 408 orang.(***).

.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *